Buka 09:00 Tutup : 17.00
087878176659
087878176659
081210003362
D998F21C
abadiherbal@gmail.com
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Meramu Tumbuhan Obat Herbal Rematik Gout

Minggu, November 29th 2015.

Cara Meramu Tumbuhan Obat Herbal Rematik Gout

Sebelum menyajikan apasaja tumbuhan yang dapat dijadikan obat herbal untuk mengatasi beberapa jenis penyakit rematik alangkah baiknya kita mengetahui apa yang disebut penyakit rematik.

Penyakit reumatik merupakan salah satu kelompok penyakit yang paling banyak ditemukan di masyarakat kita karena sering ditemukan kasus yang sama dalam praktik dokter umum. Menurut data dari hasil survei di Indonesia sebut saja salah satunya di Semarang menyebutkan bahwa 40% penduduk dengan usia diatas 50 tahun menderita salah satu jenis penyakit reumatik (Darmoyo B, 1991).

  • Jenis reumatik Gout

Di negara yang kita cintai ini, artritis gout atau reumatik gout menduduki urutan kedua terbanyak setelah osteoartritis (OA). Rematik gout lebih dikenal dengan penyakit asam urat, karena penyebabnya adalah tingginya kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia).

Rematik gout lebih sering menimpa pada laki-laki usia muda dan pertengahan karena secara alami kadar asam urat (uric acid) pria lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan. Pada perempuan penyakit jenis ini meningkat tajam pada usia setelah berhentinya siklus menstruasi (pasca menopause), karena kadar uric acid di dalam darahnya akan meningkat sampai mendekati kadar uric acid pada pria.

Nyeri sendi akibat tingginya kadar uric acid biasanya menyerang pada pagi hari, timbulnya secara mendadak karena menjelang tidur malam masih dalam keadaan sehat, biasanya hal ini terjadi pada penderita yang sebelumnya berpesta ria dengan banyak memakan daging, udang, kacang goreng, dan bir.

Nyeri yang dirasakan sangat hebat, sehingga bagian tubuh yang sakit tidak bisa tersentuh oleh selimut sekalipun. Saking nyerinya penderita tidak bisa berjalan. Kulit pada daerah sendi yang sakit tampak kering dan berwarna merah mengkilap, terasa panas, kelihatan bengkak, itulah beberapa serangan gejala nyeri sendi rematik akibat asam urat berlebih.

  •  Cara Mencegah dan Mengobati reumatik (gout)

Kelebihan uric acid bisa dikontrol dengan cara diet yaitu menghindari makanan yang tinggi akan zat purin. Diet dianjurkan jika uric acid darah kadarnya lebih dari 7 mg%, dengan diet ini dalam jangka panjang dapat menurunkan kadar asam urat antara 1-2 mg% dari kadar sebelumnya.

Tapi jika kadar asam urat lebih dari 9 mg%, diet rendah purin saja tidak cukup untuk menurunkan asam urat sampai 5 mg%, maka selain diet rendah purin juga perlu obat rematik herbal penurun kadar asam urat.

Makanan dengan zat purin tinggi yang harus dihindari karena dapat menghambat pengeluaran asam urat melalui ginjal antara lain : seafood, jeroan, makanan kaleng, ekstrak daging, kacang dan bentuk olahannya, melinjo, bayam, buncis, kembang kol, kangkung, asparagus, keju, susu, telor, durian, alpukat, nanas, air kelapa, minuman yang mengandung alkohol dan minuman hasil fermentasi.

Tanpa pengobatan, umumnya gejala reumatik susah hilang. Dengan minum obat yang ada biasanya keluhan hilang hanya sementara, setelah obat dihentikan sakit dan nyeri muncul kembali. Karena ketakutan akan efek negatif dari penggunaan obat kimia dalam jangka panjang maka perlunya pengobatan alternatif salah satunya dengan menggunakan tumbuh – tumbuhan yang telah dipercaya untuk mengobati penyakit.

Untuk merebus tanaman obat sebaiknya menggunakan panci yang terbuat dari pot tanah, pot keramik, panci email. Sedangkan panci yang terbuat dari bahan besi, alumunium, kuningan tidak baik untuk merebus tanaman obat karena dapat menimbulkan endapan atau bereaksi dengan bahan obat sehingga menimbulkan efek samping, bahkan dapat terbentuk racun.

Baiklah dibawah ini adalah beberapa tanaman untuk mengatasi rematik sendi dan bagaimana cara meramu tanaman herbal rematik, yaitu :

 

Siapkan jamur ling zhi kering sebanyak 3 – 15 gram. Kemudian jamur dipotong-potong tipis, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, lalu diminum sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas

 

  • Herba tempuyung

Siapkan daun dan tangkai tempuyung segar sebanyak 15 – 60 gram. Kemudian cuci bersih dan dipotong kecil atau dirajang, rebus dengan 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas.

 

  • Herba Meniran

Sediakan herba meniran segar sebanyak 30-60 gram, atau bila kering  sebanyak 15- 30 gram. Herba dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sehingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring dan minum sekaligus 1 gelas 1 kali sehari.

Ukuran dosis meniran jangan berlebihan karena dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Pilihlah salah satu tanaman tersebut diatas sampai penyakit yang diderita sembuh. Efek pengobatan lama atau tidaknya tergantung pada metabolisme masing – masing individu. Ada yang sembuh dalam seminggu atau dua minggu, ada juga yang sampai satu bulan lebih baru merasakan ada perubahan.

Semoga artikel tentang Cara Meramu Tumbuhan Obat Herbal Rematik Gout ini bermanfaat.

Silahkan coba juga ramuan tanaman lainnya untuk mengatasi rematik

Sumber :
– Herbal untuk pengobatan Reumatik (dr. Setiawan dalimartha)

obat herbal asam urat menahun legiron

Sale
Rp 100.000
Sale
Rp 100.000
Best Seller
Obat Pemutih Kulit Alami (Suplemen Detox Silky Beauty)

4%

Rp 200.000 208.000
Sale
Obat Herbal Asam Urat Alami Menahun Dari Amerika (Legiron)

5%

Rp 188.000 198.000
Sale
Obat Herbal Diabetes Melitus Alami Impor (Glucoblock)

5%

Rp 188.000 198.000
Sale
Rp 115.000