• Kontak Kami
  • Hotline : 081218777564
  • SMS : 081218777564
  • BBM : D998F21C

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus Pada Retina Mata

Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus Pada Retina Mata

Diposting pada 1 Mei 2016 oleh admin

Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus Pada Retina Mata

Pola makan, gaya hidup, aktivitas sehari-hari penderita diabetes memerlukan perhatian dan disiplin ketat. Perencanaan, waktu, jenis dan cara memasak makanan harus diperhatikan dengan seksama. Kadar gula darah harus diperiksa secara teratur, pengobatan diabetes baik dengan suntik insulin maupun pengobatan alternative dengan menggunakan obat herbal diabetes harus dijalankan dengan patuh.

Salah satu komplikasi yang serius pada penderita diabetes adalah gangguan kesehatan mata. Apapun jenis diabetes yang Anda derita, jika tidak ditangani dengan cermat, akan menimbulkan komplikasi pada organ tubuh termasuk mata. Penglihatan bagi penderita diabetes sangat rentan dan sering terganggu.

Setidaknya ada tiga gangguan kesehatan mata yang disebabkan oleh komplikasi penyakit diabetes mellitus, yaitu gangguan retina, katarak, dan glaukoma. Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata, sehingga menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Glaukoma adalah peningkatan tekanan pada bola mata yang bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Sebaiknya bagi penderita diabetes selalu melakukan pemeriksaan matanya setidaknya setahun sekali untuk mendeteksi terjadinya gangguan pada kesehatan mata.

Gangguan pada retina atau istilah medis menyebutnya retinopati diabetik. Yaitu kerusakan pada retina yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Diabetes dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lemah sehingga pembuluh darah yang halus dalam mata sangat rentan dan mudah rusak .

Gula darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab gangguan fungsi retina mata (retinopati diabetik). Retinopati diabetik dapat muncul tanpa disadari karena kemunculannya tidak diiringi dengan gejala-gejala, sehingga kondisinya semakin lama semakin memburuk yang akhirnya hilangnya sebagian penglihatan atau penglihatan secara total.

Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus Penyebab Gangguan Retina Mata

Pada retina yang sehat jaringan retina yang halus mengubah cahaya menjadi impuls. Impuls ini akan diteruskan ke otak yang akan mengubahnya menjadi apa yang anda lihat. Retina yang tidak sehat dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan.

Bentuk gangguan penglihatan yang dialami ditentukan oleh pembuluh darah mana yang mengalami kerusakan. Dari gambaran yang ditemukan pada retina penderita diabetes, dapat diketahui kerusakan pembuluh darah dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang berbeda-beda.

Kerusakan retina bagian tepi (perifer). Perifer atau bagian luar retina bertanggung jawab untuk penglihatan samping dan malam hari. Bila vitreus menekan pembuluh-pembuluh darah baru pada daerah ini, perifer bisa mengalami kerusakan, yaitu dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan bagian tepi (samping).

Kerusakan retina pada bagian Makula. Makula yang berfungsi untuk penglihatan sentral yang tajam dapat mengalami kerusakan jika pembuluh darah disekitar fovea (pusat dari makula) menjadi pecah. Akibatnya terjadi penurunan kekuatan penglihatan sentra penderita diabetes mellitus.

Selain itu pembuluh darah yang mengalami kerusakan tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga pembuluh darah tersumbat tidak dapat mengantarkan zat – zat nutrisi makanan ke bagian retina, akhirnya dapat menimbulkan noda-noda kapas pada retina.

Sirkulasi yang buruk pada retina dapat mempengaruhi saraf optik yang akhirnya menyebabkan tumbuhnya pembuluh-pembuluh darah baru yang rapuh.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas retinopati diabetik bisa berkembang tanpa munculnya gejala-gejala. Sehingga bagi penderita diabetes melitus harus melakukan pemeriksaan mata secara teratur. dokter mata tentunya dapat memantau dan mendeteksi gangguan penglihatan sebelum terjadi kerusakan penglihatan lebih parah.

Pemeriksaan mata dilakukan setidaknya setahun sekali untuk mendeteksi lebih dini munculnya komplikasi penyakit diabetes mellitus pada mata yang disebut dengan retinopati diabetik. Jika Anda mengalami gangguan pandangan seperti rabun atau melihat garis-garis gelap, segera lakukan pemeriksaan ke dokter mata.

Jika ditemukan gangguan retinopati diabetik Anda harus melakukan pemeriksaan mata secara teratur untuk mengetahui perkembangan dan pengobatan yang diperlukan.

komplikasi penyakit diabetes mellitus pada mata

Bagikan informasi tentang Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus Pada Retina Mata kepada teman atau kerabat Anda.

Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus Pada Retina Mata | Abadi Herbal

Komentar dinonaktifkan: Komplikasi Penyakit Diabetes Mellitus Pada Retina Mata

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR