Buka 09:00 Tutup : 17.00
087878176659
087878176659
081210003362
D998F21C
abadiherbal@gmail.com
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obatnya yang Harus Diketahui Sejak Awal

Kamis, Oktober 19th 2017.

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obatnya yang Harus Diketahui Sejak Awal

Penyebab kolesterol tinggi dan obatnya perlu diketahui oleh lebih banyak orang, mengingat komplikasi yang diakibatkannya sangat berbahaya. Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar dihasilkan oleh organ hati dan sisanya didapat dari asupan makanan.

Bila kolesterol mengendap dalam tubuh seseorang, resiko menderita serangan jantung, diabetes dan stroke akan semakin tinggi. Di dunia ini ada 7,9% orang yang meninggal karena kolesterol. Sedangkan di Indonesia, penderitanya mencapai angka 35%.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Pada dasarnya, kolesterol tinggi disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Tapi, di samping itu, ada faktor-faktor lain yang turut mempertinggi resikonya, seperti:

Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Umumnya, kolesterol berasal dari lemak hewani, seperti daging dan jeroan. Tapi, tidak sedikit pula yang bersumber dari lemak nabati, misalnya minyak kelapa dan santan. Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh bisa menyebabkan resiko terkena gejala kolesterol semakin tinggi.

Jadi, disarankan untuk mulai mengatur asupan makanan, seperti daging kambing, daging sapi, telur, susu, keju, mentega dan makanan yang mengandung minyak kelapa, minyak kelapa sawit serta mentega.

Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas tak hanya menggangu penampilan, melainkan dapat memberi efek buruk bagi kesehatan. Sebab, kelebihan berat badan bisa meningkatkan trigliserida, yaitu zat lemak dalam darah dan menurunkan kolesterol baik (HDL).

Selain kegemukan, naiknya jumlah trigliserida dalam tubuh bisa dipicu oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosa dan lemak tinggi, minum minuman beralkohol dan faktor genetik.

Kurang Berolahraga

Kurang bergerak atau berolahraga bisa meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Jika selama ini Anda lebih banyak duduk atau tidur, mulailah melakukan aktifitas ringan seperti berjalan kaki, senam, aerobik atau yoga untuk mengurangi resiko gejala kolesterol.

Usia dan Jenis Kelamin

Ketika berusia 20 tahun, umumnya kadar kolesterol cenderung naik. Setelah berusia 50 tahun, biasanya kadar kolesterol pada pria akan terus meningkat. Pada wanita sendiri, kadar kolesterol akan menurun saat memasuki masa menopause, namun setelah itu cenderung meningkat seperti pada pria.

Menderita Penyakit Tertentu

Penyakit seperti tekanan darah tinggi, hipotiroidisme, diabetes, penyakit hati dan ginjal bisa memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh. Dengan mengobati kondisi-kondisi tersebut, bisa membantu menurunkan kolesterol.

Faktor Keturunan

Apabila salah satu anggota keluarga memiliki gangguan kolesterol tinggi, maka Anda beresiko mengalami hal yang sama.

Merokok

Merokok bisa menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol jahat yang bila tidak dikendalikan dapat berakibat fatal.

Obat Kolesterol

Kolesterol bisa diobati dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, ada dua ramuan tradisional yang digunakan sebagian orang untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhnya, yakni:

Daun Salam

Daun salam tak hanya dimanfaatkan sebagai penyedap rasa saja, tapi juga untuk mengobati berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, hipertensi dan asam urat serta kolesterol. Bagian-bagian tanaman salam yang bisa dijadikan obat kolesterol adalah daun, buah, kulit batang dan akar.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu rebus 10 lembar daun salam bersama air dan serai. Bila air sudah tinggal separuhnya, minum selagi masih hangat sebanyak 1-2 kali sehari.

Mengkudu

Di samping aromanya yang terkadang membuat mual, mengkudu memiliki banyak manfaat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti asam urat, kolesterol, diabetes, tumor hingga kanker. Untuk membuatnya, siapkan satu buah mengkudu, satu ruas rimpang jahe, satu ruas jari kunyit, lima butir cengkeh, tiga butir kapulaga, dua lembar daun sirih dan kayu manis.

Tumbuk rimpang jahe, kapulaga dan kunyit, lalu campur bersama air perasan buah mengkudu dan bahan lainnya. Tambahkan dua gelas air dan rebus hingga mendidih. Ramuan mengkudu ini bisa diminum setiap pagi.

Hindarilah semua kebiasaan yang bisa menaikkan kadar kolesterol agar tidak berdampak pada kesehatan organ tubuh. Terapkan selalu pola hidup sehat serta mengenali penyebab kolesterol tinggi dan obatnya.

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obatnya yang Harus Diketahui Sejak Awal

 

Sale
Rp 100.000
Sale
Rp 100.000
Best Seller
Obat Pemutih Kulit Alami (Suplemen Detox Silky Beauty)

4%

Rp 200.000 208.000
Sale
Obat Herbal Asam Urat Alami Menahun Dari Amerika (Legiron)

5%

Rp 188.000 198.000
Sale
Obat Herbal Diabetes Melitus Alami Impor (Glucoblock)

5%

Rp 188.000 198.000
Sale
Rp 115.000