MENUNURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI UNTUK PENDERITA HIPERTENSI, INI DIA POLA HIDUP YANG TEPAT

Penyakit ini dapat menyerang seorang tanpa meninggal kan gejala apa pun, parah nya lagi bisa menetap hampir bertahun – tahun lama nya. Penyakit ini bisa dibilang adalah penyakit yang fatal, bila tidak cepat – cepat di atasi dan pola hidup yang sembarangan. Mengapa bisa disebut penyakit yang fatal? Karena saat ini terjadi jantung akan bekerja lebih keras dari pada biasa nya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Efek  samping dari penyakit tekanan darah ini adalah terjadi nya pengerasan pada pembuluh darah, stroke, ginjal, dan parah nya lagi gagal jantung. Ini semua menyerang pada organ vital manusia, tentu nya hal ini tidak ingin terjadi pada kalian bukan. Saat kamu memeriksakan nya ke dokter dan dokter mendiagnosa bahwa kamu memiliki hipertensi, obat – obat yang diberikan tentu tidak akan sedikit untuk membantu menurun kan tekanan darah tinggi. Apabila kamu yang tidak suka untuk mengkonsumsi obat dalam jumlah banyak atau bahkan yang tidak bisa mengkonsumi obat sama sekali. Berikut pola hidup sehat yang dapat membantu menurun kan tekanan darah tinggi.

pola hidup sehat menurun kan tekanan darah tinggi

1.Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal itu menjadi faktor yang penting untuk penderita hipertensi, karena semakin bertambah nya berat badan tekanan darah pun meningkat. Mengontrol pola makan dengan porsi yang tidak berlebihan akan sangat membantu kamu dalam mengantur pernapasan di kala tidur, karena memiliki berat badan yang berlebih membuat pernapasan kamu menjadi terganggu di kala tidur yang menyebab kan tekanan darah meningkat.

Untuk kamu yang memiliki berat bedan berlebih, bisa memulai untuk menurun kan berat badan. Karena tekanan darah bisa berkurang senilai 1 mm Hg bila berat badan juga berkurang senilai 1 kg.

2.Melakukan Olaharaga Dengan Rutin dan Teratur

Melakukan olahraga  memang banyak sekali manfaat yang diberikan untuk tubuh. Membuat badan terus bergerak dan aktif, tetapi berolahraga tidak harus yang berat – berat menyesuai kan saja dengan kondisi fisik badan kamu, karena berolahraga yang terlalu dipaksa kan justru tidak akan baik.

Berolahraga yang tepat untuk penderita hipertensi seperti jalan – jalan santai dekat rumah, berenang, atau bersepeda. Lakukan aktivitas olahraga ini kira – kira 30 menit per hari nya, mampu menurun kan tekanan darah senilai 5 sampai dengan 8 mm Hg.

3.Pola Makan yang Sehat

Tentu nya makanan  yang dikonsumsi menjadi faktor penting di dalam menurun kan tekanan darah. Makanan – makanan yang akan memicu tekanan darah itu seperti makanan dengan kandungan lemak jenuh dan kolesterol, jadi lebih baik untuk hindari makanan – makanan seperti ini.

Disaran kan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah – buahan, sayuran, biji – bijian yang akan membantu untuk menurun kan tekanan darah sampai dengan 11 mm Hg. Menjalan pola makan sehat seperti ini disebut dengan diet, yaitu Dietary to Stop Hypertension (DASH).

4.Tidak Merokok

Merokok memang hal yang seharus nya jangan dilakukan, karena tidak memiliki manfaat baik untuk tubuh. Merokok bisa meningkat kan tekanan darah, dan darah nya akan meningkat selang berapa lama dari merokok.

Jadi tidak merokok akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh, apalagi tekanan darah menjadi normal. Selain memberikan tekanan darah yang normal, tidak merokok bisa menghindari terkena nya penyakit jantung.