INI DIA TIPS GAYA MAKAN SEHAT UNTUK IBU YANG SEDANG MENYUSUI

Saat anda sedang berada di fase menyusui, salah satu yang harus di perhatikan adalah pola makan nya. Tetapi anda tidak perlu untuk membuat perubahan secara besar pada apa yang anda makan dan minum. Tapi harus mempunyai pertimbangan yang penting. Berikut ulasan yang perlu anda simak saat berada di fase ibu menyusui.

Tips Gaya Makan Sehat Ibu Menyusui

1. Menurunkan Berat Badan Secara Berkala

Pada umum nya ibu yang abis melahirkan, pasti mengeluh tentang bentuk tubuh nya. Kebanyakan dari mereka memang mengalami peningkatan berat badan yang cukup drastic. Terkadang para ibu iri dengan ibu lain yang dapat berubah bentuk menjadi langsing atau kembali seperti semula lagi. Tetapi itu semua memang tergantung kepada bentuk tubuh masing – masing. Dari pilihan makan, tingkat aktfitas, dan metabolism juga mempengaruhi.

Langkah yang paling tepat adalah dengan menurunkan berat badan secara berkala. Mempunyai target waktu sekitar satu tahun untuk dapat membentuk berat badan yang sama seperti saat sebelum hambil. Jangan menurunkan berat badan sebelum dua bulan setelah melahirkan. Bila itu di lakukan akan mengakibatkan ibu menjadi kekurangan engeri dan menurun nya produksi ASI.

Jadi, jangan melakukan diet yang terlalu ketat untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Sebetul nya dengan menggabungkan pola makan sehat dan olah raga anda dapat menurunkan berat badan sekita satu poung tanpa risiko yang tidak terlalu besar.

2. Menerapkan Pola Makan Seimbang

ASI mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pada bayi, meskipun anda tidak mendapatkan asupan makanan yang baik. Tetapi, pola makan yang terlalu rendah kalori dapat memberikan efek negative pada kualitas dan kuantitas ASI yang diberikan.

Meskipun memang bayi tidak akan mendapatkan pengaruh langsung terhadap pola makan anda, tetapi bukan berarti anda tidak akan merasa kan akibat nya. Bila ibu tidak mendapatkan gizi yang cukup, berat badan akan mengalami penurunan dan terus menurun. Di sisi lain anda harus memerlukan stamina yang baik untuk memenuhi fisik dalam merawar bayi yang baru anda lahirkan.

Ibu yang sedang dalam fase menyusui pasti akan merasa lapar, ini adalah hal yang sangat wajar. Karena tubuh bekerja sepanjang waktu untuk meproduksi ASI. Seperti hal nya saat anda sedang hamil, saat sedang menyusui makan lah dengan porsi yang sedikit dan di selingi dengan cemilan yang sehat. Ini bertujuan untuk mengatasi rasa lapar dan juga untuk mendapatkan energi yang cukup.

3. Pilih – Pilih Ikan

Ikan mempunyai sumber protein yang cukup penting dan dibutuhkan oleh ibu yang menyusui. Asosiasi jantung amerika menyarankan ikan sebagai makanan yang menyehatkan bagi jantung. Beberapa jenis ikan yang mengandung DHA dan EPA serta omega tiga mempunyai peran yang penting bagi perkembangan otak dan mata yang dapat berlanjut selama tahun pertama bayi.

DHA selain bagus untuk bayi, memiliki manfaat yang bagus juga untuk sang ibu. Karena penelitian menunjukkan, ibu yang memiliki tingkat DHA lebih renda akan lebih berisiko mengalami depresi saat akan melahirkan. Konsumsi lah hingga 12 ounce atau sekitar 340 gram ikan serta makanan laut setiap minggu nya. Seperti salmon, udang, tuna kalengan, forel, bandeng, kepiting, nila, dan kerang. Bila ibu tidak menyukai makanan – makanan laut, cobalah untuk meminum suplemen omega tiga.