MAKANAN YANG TEPAT UNTUK IBU HAMIL
July 21, 2020

Ketika anda sedang hamil, sebenernya anda tidak harus untuk makan dengan porsi yang banyak dan berfikiran untuk mengisi perut dua orang, anda dengan bayi anda. Fakta mengatakan bahwa, anda perlu menambahkan sekitar 300 kalori tambahan, diperkirakan setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal yang di barengi dengan susu rendah lemak.

Tetapi itu saja tidak cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya seperti asam folat yang berguna untuk menghindari cacat bawaan, kalsium dan protein untuk membentuk jaringan tubuh dan tulang pada bayi. Lalu, zat besi yang berguna untuk membantu sel darah merah membawa oksigen pada sang janin.

Rekomendasi Kelompok Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Berikut rekomendasi kelompok makanan dan minuman yang tepat untuk ibu hamil dan manfaat yang dimiliki nya.

1. Air

Meminun air dapat menghindari bayi lahir secara premature, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih. Pada masa kehamilan, anda di rekomendasikan untuk mengkonsumsi kurang lebih 2,5 liter atau sama dengan 10 gelas per harinya. Air atau cairan ini juga dapat di dapatkan dari makanan seperti buah yang memiliki kadar air yang tinggi, jus atau susu. Namur anda harus ingat, karena beberapa minuman seperti minuman ringan atau minuman siap minum memiliki kadar gula yang tinggi ini mengakibatkan hipertensi atau kenaikan pada berat badan.

2. Sayur dan Buah

Komponen sayur dan buah merupakan komponen utama pola makan yang sehat untuk ibu yang sedang hamil. Di rekomendasikan untuk memakan nya setidak nya lima porsi sayur – sayuran dan buah – buahan yang berbeda jenis di tiap hari nya. Ini bertujuan agar pemasukan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat – serat lebih beragam. Sayuran hijau seperti baym da kale memiliki kandungan banyak vitamin A, K, C dan asam folat yang mempunya peran penting untuk kesehatan mata.

Pada buah – buahan seperti Jeruk, delima dan stoberi yang mempunyai kandungan antioksidan yang bertujuan untuk melindungi tubuh ibu hamil dan calon bayi dari kerusakan yang di akibatkan dari radikal bebas.

3. Daging Tanpa Lemak, Ikan, dan Telur

Kelompok makanan ini memiliki kandungan protein yang kaya dan bermanfaat untuk pertumbungan calon bayi, khusus nya pada trimester ke dua dan ke tiga dalam kandungan.

Telur juga memiliki kandungan kolin yang mendukung untuk perkembang otak dan tubuh calon bayi. Selain itu dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf. Sementara pada ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk melindungi mood ibu hamil yang sering berubah – ubah secara dratis dan mendukung perkembangan calon bayi.

Untuk menghindari dari paparan merkuri, di rekomendasikan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 340 gram ikan salmon dalam seminggu. Selain itu, daging tanpa lemak menjadi sumber protein  yang berkualitas tinggi. Tips, hindarilah makanan daging olahan seperti sosis karena memiliki kandungan bakteri atau parasite.

4. Kacang – Kacangan

Kacang – kacangan memiliki andil yang cukup penting, karena dapat mencukup kebutuhkan serat pada ibu hamil. Lalu, dapat mencegah konstipasi dan hemoroid atau wasir. Kelompok makanan ini mengandung kalsium, folat, zat besi dan seng.

5. Makanan Sumber Karbohidrat

Makanan sumber karbohidrat seperti gandum utuh yang mengandung nutrisi, serat, vitamin E, dan selenium yang baik untuk perkembangan calon bayi. Bahan ini dapat anda temukan pada oatmeal, roti gandung, pasta, mau pun nasi merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *