POLA HIDUP SEHAT YANG TEPAT UNTUK LANSIA
July 17, 2020

Seiring bertambah nya usia, tubuh akan mengikuti berbagai perubahan yang diterima mau itu positif atau pun negative. Bertambahnya usia atau penuaan merupakan proses secara alami dan dapat dilewati nya dengan baik, apabila mengerti dengan perubahan yang terjadi pada tubuh serta langkah – langkah apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.

Perubahan yang terjadi Pada Lansia yang Harus di Waspadai

Perubahan dan penuaan yang pasti terjadi, mengakibatkan perubahan pada fisik. Seperti kulit, tulang, hingga otak yang kerja nya sudah berbeda. Perubahan yang terjadi pada tubuh lansia tapi harus di waspadai :

1. Perubahan Pada Tulang

Saat usia sudah menua, tulang mengalami perubahan menjadi lebih rapuh, rentan, dan lebih tipis. Utama nya ini bila terjadi pada wanita dan menyebabkan kondisi yng disebut dengan osteoporosis. Akibat dari kondisi ini dapat meningkatkan risiko yang serius yaitu patah tulang.Perubahan Pada Otak dan Sistem Saraf
Dampak yang didapatkan dari bertambahnya usia adalah perubahan pada gerak reflex tubuh dan sistem saraf . Padasel otak dan sistem saraf dapat mengalami kerusakan yang mengakibatkan suatu kondisi yang disebut dengan demensia.

2. Perubahan Pada Saluran Pencernaan

Pada lansia saluran pencernaan dapat berubah, yaitu menjadi lebih keras dan kaku. Karena tidak berkontraksi seperti sebelumnya. Ini dapat mengakibatkan berbagai gangguan pencernaan, contohnya seperti konstipasi, sakit perut, dan mual.

3. Perubahan Pada Indra

Seiring berjalan nya usia, kemampuan pada indra penglihatan dan pendengeran akan berkurang, dan kemampuan untuk merasakan makanan dan minuman, sentuhan, serta bau akan berkurang tidak seperti sebelum nya.

4. Perubahan Pada Kulit

Kulit yang asal nya kencang, seiring bertambah nya usia akan kehilangan elastisitas nya jadi akan mulai berkerut dan mengendur. Agar tidak terjadi hal seperti tadi, kurangi lah paparan sinar matahari secara langsung dan berhentilah merokok.

Agar tidak terkena gejala – gejala buruk yang terjadi saat lansia, tentunya anda harus menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. Karena faktor usia itu di identikan dengan gangguan kesehatan. Berikut yang dapat anda lakukan agar bertambah usianya tetap dilewati dengan sehat dan baik:

  • Banyak Berjalan

Karena fisik sudah tidak sekuat dahulu, maka lakukanlah olahraga ringa. Seperti, berjalan – jalan yang memang direkomendasikan untuk lansia agar tetap sehat. Lakukan olahraga berjalan ini sesuai dengan fisik, dan aturlah langkah agar daya tahan tubuh dapat di bangun secara konsisten.

  • Tetap Membaca

Tetap membaca bertujuan agar kemampuan pada otak tetap terasah dan tidak menjadi kaku, ini juga menjadi relaksasi yang baik. Meskipun tidak dilakukan dalam waktu yang sering dan hanya sebentar saja, ini dapat menurunkan risiko terkena nya penyakit penurunkan daya ingat. Seperti, Alzheimer atau demensi.

  • Menjaga Pola Makan

Pola makan sangat penting untuk diatur, karena lansia sangat rentang terserang penyakit. Menjaga pola makan akan mencegah terkena nya penyakit obesitas diabetes, sampai penurunan daya ingat yang terjadi pada usia di atas 70 tahun. Utamakan lah untuk memakan makanan yang mengandung serat, rendah lemak, dan bebas kolesterol.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Lapisan terluar pada gigi dapat terus terkikis dan terus menipis. Ini menyebabkan lansia lebih mudah terkena penyakit pada gusi, dan gigi yang mudah berlubang. Lakukanlah sikat gigi secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari, jangan lupa membersihkan sela – sela gigi dengan benang gigi agar kesehatan pada gigi dan dalam mulut tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *