SAYANGI TUBUHMU DENGAN MELAKUKAN POLA HIDUP SEHAT INI!
June 30, 2020

Siapa sih yang tidak mau memiliki tubuh yang sehat bugar, mempunyai badan yang ideal tetapi tetap sehat. Namun, dengan berjalannya waktu serta zaman yang terus berkembang apalagi kesibukan yang tiap harinya terus bertambah membuat kita kadang lupa untuk melakukan pola hidup sehat atau menjaga kesehatan diri sendiri. Yang membuat tubuh kita menjadi rentan sekali terserang penyakit, dan tanpa di duga penyakit itu bisa saja penyakit yang serius bagi tubuh.

Jika tubuh kita sudah terkena penyakit maka kita sendiri yang repot. Akan banyak aktivitas yang tertunda bahkan jadi dilewatkan karena badan kita tidak fit untuk melakukannya. Belum lagi kita akan merepotkan orang lain untuk merawat kita. Ini adalah beberapa masalah yang akan muncul bila kita terkena penyakit, entah akan ada  berapa banyak masalah lagi yang timbul bila hal itu terjadi. Untuk mengantisipasi agar hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi, maka hal yang bisa dilakukan adalah melakuka pola hidup sehat guna menjaga kesehatan.

Apasih pola hidup sehat itu? Pola hidup sehat adalah usaha seseorang untuk mejaga dirinya atau tubuhnya untuk tetap sehat. Yang tentunya didukung dengan cara berolahraga yang rutin, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, dan istirahat yang cukup.

Pola hidup sehat itu mudah tetapi sulit untuk dijalani karena rasa malas dan kebiasaan yang kadang menjadi hambatan untuk kita menjalani pola hidup sehat. Banyak cara yang mudah sebenarnya untuk dilakukan dalam menjalankan pola hidup sehat.

Cara Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Disini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat yang tentunya mudah untuk dilakukan :

1. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Makanan merupakan asupan yang utama untuk menjalan pola hidup sehat. Makanan yang bergizi itu seperti kaya akan serat, mengandung banyak vitamin, rendah gula, dan tidak mengandung banyak minyak. Karena makanan yang bergizi merupakan faktor utama yang mendukung untuk menjaga kesehatan.

Konsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin dan tentunya bergizi untuk tubuh kamu. Tidak harus terburu-buru untuk mengonsumsinya dalam porsi banyak, Kamu bisa melakukannya dengan step by step. Contoh satu hari kamu mengonsumsi satu porsi, lalu di hari selanjutnya kamu bisa menambah porsi tersebut. Agar tidak bosan dan lebih menarik untuk kamu makan, kamu bisa mengolahnya seperti buah yang bisa dijadikan salad, jus atau smoothies atau menggambungkan sayuran dan buah di healty bowl. Lalu mebawa minuman dari rumah yaitu air putih yang diisi dengan buah lemon, selain segar itu mengandung banyak vitamin.

2. Olahraga yang Rutin

Berolahraga adalah faktor pendukung dari pola hidup sehat yang sulit dilakukan karena rasa malas yang selalu muncul dalam diri jika ingin melakukannya. Olahraga tidak pandang umur, karena mau usia muda atau pun usia lanjut olahraga tetap dilakukan karena fisik kita harus tetap aktif.

Olaraga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, tidak perlu olahraga yang terlalu berat dan memakan banyak waktu. Contohnya kita bisa melakukan lari di dalam komplek 15 – 20 menit, melakukan workout dirumah 10-15 menit karena sekarang banyak tayang serta aplikasi untuk memudahkan kita yang kesulitan dalam melakukan olahraga. Atau berolahraga sambil menjalani hobby kita seperti basket, berenang, futsal, badminton dan olahraga lainnya yang bisa dilakukan bersama teman dan keluarga.

3. Istirahat yang Cukup

Tubuh kita sangat membutuhkan istirahat, apalagi setelah melakukan aktivitas. Pola tidur yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda tergantung usia nya. National Sleep Foundation menyarankan untuk usia dewasa (18-25 tahun) membutuhkan tidur 7-9 jam per malam nya. Orang yang suka begadang atau waktu tidur yang tidak cukup akan gampang terserang penyakit.

Tetapi terlalu kebanyakan tidur juga tidak baik karena bisa menurunkan tingkat konsentrasi, intinya kita tidur itu harus secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Karena dengan istirahat yang cukup membuat banyak dampak yang positif bagi tubuh, seperti badan kita terasa segar, muka terlihat ceria, dan tentunya sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *